02 Mei 2011

Obama : Osama Bin Laden Tewas

Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, menyatakan bahwa Osama bin Laden telah tewas di Pakistan dalam suatu operasi intelijen gabungan antara AS dengan Pakistan pekan lalu. Mayatnya telah dibawa ke pihak berwenang AS.

"Keadilan telah ditegakkan," kata Obama dalam pidato dadakan di Gedung Putih, Washington DC, Minggu malam waktu setempat atau Senin pagi WIB.

Menurut Obama, suatu tim intelijen AS di Pakistan telah melancarkan serangan ke tempat persembunyian Osama di luar Kota Islamabad, Pakistan. Mereka pun membawa mayat Osama.

Dalam pidato selama sepuluh menit di Washington DC yang ditayangkan jaringan televisi AS, Obama menyatakan bahwa tewasnya Osama merupakan hasil dari perjuangan keras aparat berwenang dan intelijen AS dan bantuan dari mitra-mitra di mancanegara.

Pria berusia 54 tahun itu dalam lebih dari sepuluh tahun terakhir selalu menjadi buronan AS dan sekutu-sekutunya. Dia menjadi dalang serangan teror 11 September 2001 di New York dan Washington. Jaringan al- Qaeda yang dia pimpin juga bertanggungjawab atas pengeboman dua Kedutaan Besar AS di Afrika dan kapal perang AS USS Cole pada 1998.

Vivanews



Artikel Terkait: