10 Juli 2010

Profil Robert Downey Jr

Profil - Robert Jhon Downey Jr adalah salah satu contoh aktor berbakat yang mampu bangkit kembali dari keterpurukannya akibat kecanduan obat bius. Terlahir dari keluarga seniman film (ayahnya adalah sutradara, penulis, produser, sekaligus aktor, sedangkan ibunya seorang aktris) membuat Robert tak asing lagi dengan dunia akting.

Sejak usia 5 tahun, ia telah ikut bermain film dibawah arahan ayahnya. Lalu pada era tahun 80-an, ia mulai aktif bermain film. Perannya dalam Tuff Turf, Weird Science, Pretty in Pink, Lest than Zero, Chances Are dan Air Amerika, membuat namanya makin dikenal. Namun memang film Less Than Zero lah yang jadi titik balik karirnya.

Diantara tahun 1996 dan 2001, Downey beberapa kali ditangkap terkait tuduhan penggunaan narkoba, dan menjalani berbagai program pemulihan,namun tetap mengalami kesulitan untuk sembuh total. Ia sempat bermain dalam serial Ally McBeal, dan mendapat nominasi Emmy Award serta sebuah penghargaan Golden Globe. Namun narkoba membuatnya dipecat dari perannya disana.

Baru beberapa tahun terakhir, karir Robert mulai naik lagi. Ia mulai mendapat banyak tawaran akting. Seperti dalam Gothika, Kiss Kiss Bang Bang, A Scanne Darkly, Zodiac, hingga Iron Man yang benar-benar melambungkan keberuntungannya. Kini film terbarunya Sherlock Holmes dan Iron Man II , melalui film terbarunya ini maka lengkaplah sudah untuk menjadikan ia sebagai aktor top Hollywood.



Artikel Terkait: