15 Juni 2010

Mungkinkah Nokia Adopsi Android


Singapura,Open source mungkin menjadi tren dalam bidang pengembangan aplikasi ponsel pintar saat ini. Saat membicarakan hal ini, tentu tak bisa lepas dari platform Symbian atau Android.

Dengan tren ponsel Android saat ini, mungkinkah Nokia --dengan pasarnya yang besar-- mengadopsi platform Android?

Dalam acara bertajuk Nokia Connections 2010, yang bertempat di Conrad Centenniel, Singapura, 13-14 Juni 2010, Kenny Mathers Head, Developer Relations & Marketing Nokia, menjelaskan pertanyaan 'seru' yang diajukan beberapa awak media tersebut.

"Mengapa kita harus melakukannya? Symbian adalah platform terbaik untuk smartphone saat ini," paparnya dengan penuh canda.

Kenny pun menjelaskan bahwa semua investasi untuk OS Mobile Nokia sejak dulu mengarah ke Symbian. Dan pengembangan Symbian telah berjalan selama 12 tahun. Banyak infrastruktur yang telah berjalan dalam 12 tahun tersebut. Ia juga menjelaskan bahwa Symbian^3 merupakan hasil kerja keras Nokia selama ini.

"Kita setuju langkah yang dilakukan Google (membuat Android- red). Developer memegang peranan penting dalam pengembangan aplikasi, namun konsumen yang bakal memilihnya," tambahnya.

Sebagai informasi, berdasar data terakhir Gartner pada Q1 2010, ternyata Symbian masih menguasai pasar OS ponsel pintar sebanyak 44,6% ditengah gempuran BalckBerry dan iPhone. Kita lihat saja, pasar yang bakal membuktikan.

| Sumber : detiknews |



Artikel Terkait: